top of page

'Challenge' Populer yang Mempermainkan Maut | PT Rifan Financindo


Jakarta, Rifan Financindo - Tantangan demi tantangan remaja banyak bermunculan di media sosial. Dari tantangan lucu, unik, inspiratif, sampai mengerikan semua rela dilakukan remaja di seluruh dunia hanya untuk menuai pujian dan menantang andrenalin. Hanya saja, mereka mungkin tak sadar berbagai tantangan tersebut penantang adrenalin terkadang bisa jadi penantang maut. Berikut beberapa tantangan populer di media sosial yang bisa mematikan.


1. Ice bucket challenge

Ice bucket challenge adalah tantangan yang dilakukan dengan tujuan untuk menggalang dana demi penelitian penyakit ALS. Hal ini dilakukan dengan cara menyiram air es secara tiba-tiba ke kepala. Sekilas tantangan ini mungkin terlihat tak berbahaya. Namun kenyataannya, ada risiko yang tersimpan di dalamnya. Aksi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami hipotermia karena terkena air es secara mendadak dalam jumlah banyak.


Tantangan ini juga dianggap bisa menyebabkan kematian karena serangan jantung karena penurunan suhu yang turun drastis.


2. Cinnamon challenge

Dalam cinnamon challenge atau tantangan kayu manis peserta diharuskan untuk menelan sesendok kayu manis dalam waktu 60 detik. Mereka pun tak diperbolehkan untuk minum.


Namun kenyataannya, tantangan ini bisa membuat seseorang tersedak saat menelan bubuk kayu manis dalam waktu cepat. Selain bahaya tersedak, menelan kayu manis dalam jumlah banyak juga akan menyebabkan masalah pernapasan dan merusak paru-paru.





3. Skip challenge

Skip challenge dikenal dengan nama pass out challenge atau chocking game. Permainan ini dianggap berbahaya karena peserta diharuskan untuk sengaja menghentikan napas dengan menekan dadanya. Tren ini jadi viral di kalangan murid sekolah. Tantangan untuk menekan dada ini menyebabkan oksigen yang masuk ke dalam otak pun terhambat. Akibatnya, pelaku bisa pingsan bahkan meninggal.


4. Kondom snorting

Kondom seharusnya digunakan untuk aktivitas seksual, namun dalam hal ini tak berlaku dalam tantantan kondom. Peserta condom snorting ini harus memasukkan kondom ke dalam lubang hidungnya dan mengeluarkannya kembali. Namun yang bahaya, kondom ini harus dikeluarkan dengan cara menariknya melalui lubang hidung. Hal ini bisa menyebabkan tersedak, sulit bernapas, dan kematian.


5. Salt and Ice Challenge Tantangan ini melibatkan dua benda sehari-hari yang sangat sederhana yaitu garam dan es. Dalam tantangan ini peserta harus menaburkan garam di tangan dan menambahkan es batu di atasnya. Kombinasi garam dan es batu di kulit akan menyebabkan efek terbakar yang perih. Tantangannya adalah seberapa kuat peserta untuk menahan perihnya rasa terbakar tersebut.




bottom of page