top of page

Jelang Ramadan, Warga Indonesia di Polandia Lakukan 'Munggahan' | PT Rifan Financindo


Jakarta, Rifan Financindo - Antusiasme penyambutan jelang bulan suci Ramadan tidak hanya terjadi di Indonesia. Warga Indonesia di Polandia juga tengah bersiap untuk menjalankan ibadah puasa. Tak hanya mereka yang beragama Islam, penyambutan bulan Ramadan di Polandia juga dilakukan bagi warga yang beragama lain.


Tradisi penyambutan Ramadan atau yang biasa disebut dengan 'Munggahan' diselenggarakan oleh KBRI Warsawa. Selain warga Indonesia, hadir pula dalam acara duta besar dari negara sahabat seperti Maroko, Irak dan Bangladesh.

Dubes RI untuk Polandia, Peter F Gontha mengatakan, meski dirinya dan sejumlah warga lain beragama non-muslin, toleransi dan saling menghormati harus tetap dijaga.


"Acara munggahan merupakan tradisi umat Islam di Indonesia dalam menyambut awal bulan Ramadhan. Jika kita melihat ke sekeliling kita (para tamu undangan), akan terlihat bahwa kita berasal dari berbagai suku bangsa, warna kulit dan budaya yang berbeda," kata Peter dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (26/5/2017).

Selain dihadiri duta besar dan warga Indonesia, KBRI Warsawa juga mengundang Apostolic Nuncio untuk Polandia, Duta Besar Salvatore Pennacchio dan para Pastur Indonesia yang sedang bertugas dan belajar di Polandia, serta perwakilan dari dua Islamic Center di Warsawa.

Acara kemudian diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Imam Charif bagi umat Muslim dan Romo Heribertus Florianus Wea bagi umat Kristen.



bottom of page