top of page

INKA Incar Proyek Kereta Bangladesh Rp 1,4 Triliun | PT Rifan Financindo


Jakarta, Rifan Financindo - PT INKA (INKA) ikut tender 250 unit kereta penumpang kelas ekonomi pesanan Bangladesh Railways Company. BUMN produse kereta berbasis di Madiun, Jawa Timur ini sudah menang tender 50 unit kereta kelas ekonomi jenis BG atau Broad Gauge.


Selanjutnya, tahun ini INKA ikut tender lagi untuk 200 kereta ekonomi Bangladesh jenis MG atau Meter Gauge. Jika menang, maka total proyek kereta Bangladesh yang digarap INKA mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

"Kita ikut untuk yang 200. Kalau dikasih kepercayaan ke INKA lagi itu nilainya total hampir Rp 1,4 triliun," jelas Senior Manager Humas Protokoler dan PKBL PT INKA, M. Choliq kepada detikFinance, pekan lalu.

INKA bukan hanya kali ini memproduksi kereta untuk Bangladesh. Sebelumnya, INKA memenangi tender pengadaan 150 kereta penumpang .

150 kereta penumpang tersebut terdiri dari 100 unit tipe MG (Meter Gauge) dan 50 unit tipe BG (Broad Gauge) yang telah sukses dikirim ke Bangladesh pada November 2016. Pada 2012 lalu, INKA juga mengirim 50 unit kereta ekonomi pesanan Bangladesh.



Menurut Choliq, salah satu alasan Bangladesh kepincut kereta racikan INKA karena layanan purnajual yang berbeda dari produsen lain, yaitu INKA membuka kantor perwakilan di Bangladesh. Sehingga, jika terjadi sesuatu pada kereta bisa segera ditangani.

"Dari suku cadang maupun personil untuk perawatan kita punya kantor di Bangladesh untuk backup operasional kereta yang sudah dikirim. Kereta juga masih ada garansi selama setahun," pungkas Choliq.



bottom of page