top of page

Libur Kuliah, Saatnya Kemping ke Gunung | PT Rifan Financindo


Jakarta, Rifan Financindo - Daripada di rumah, mending kamu mengisi libur kuliah dengan kegiatan seru bareng teman. Contohnya saja seperti kemping ke gunung. Yuk berangkat!


Ada banyak gunung di Indonesia yang memiliki area kemping untuk para traveler. Dari yang dekat di Jawa Barat misalnya, ada Gunung Salak sampai Situ Cisanti.




1. Gunung Salak


Bagi traveler yang ingin kemping di sekitar Bogor, Suaka Elang Loji di Taman Nasional Gunung Halimun Salak mungkin bisa jadi pilihan. Selain bisa merasakan sejuknya suasana pegunungan di bawah hutan pinus yang indah, kamu juga bisa treking ke air terjun di sekitarnya.

Untuk mencapainya, traveler bisa pergi melalui rute Bogor. Dari sana tinggal lanjut ke Argowisata Warso Farm dan lanjut ke Batu Tulis. Lanjutkan trekking sampai kamu melewati jembatan ke arah Cijeruk sampai menemukan plang Warso Farm.

Untuk kamu yang membawa kendaraan seperti motor dan mobil, bisa memarkirkan kendaraan di lapangan yang telah disediakan. Cukup bayar 10-25 ribu rupiah saja, sudah termasuk biaya mendirikan tenda.



2. Gunung Bunder


Masih dari Bogor, ada Gunung Bunder yang memiliki ketinggian antara 750-1.050 Mdpl. Di sini, wisatawan bisa mendirikan tenda di Bumi Perkemahan Gunung Bunder.

Selain kemping, tentunya kamu juga akan dimanjakan oleh indahnya panorama hutan hingg curug atau air terjun di Gunung Bunder. Tidak hanya itu, tempat kemping ini punya fasilitas outbound yang seru loh.

Cara untuk mencapainya pun cukup mudah. Dari Kota Bogor, bertolaklah ke arah Institut Pertanian Bogor (IPB) kampus Dramaga. Setelah beberapa kilometer melewati IPB, wisatawan akan menemukan sebuah jalan menuju Gunung Bunder. Teruskan perjalanan ke arah Ciampea, Cibungbulang, kemudian sampailah Anda di Gunung Bunder.



3. Gunung Ungaran


Ketimbang Merbabu dan Merapi, nama Gunung Ungaran memang tidak terlalu populer. Namun bagi para pelajar yang mau kemping seru bareng teman, bisa berkemah di Basecamp Mawar, Gunung Ungaran.

Basecamp Mawar menyediakan area berkemah yang cukup luas di bawah rindangnya hutan pinus. Kelap-kelip kota Semarang serta pemandangan Gunung Merbabu dapat traveler lihat langsung di lokasi. Konon, nama 'mawar' diambil dari kebun bunga mawar yang berada di jalur pendakian Gunung Ungaran.

Traveler tidak perlu pusing untuk mengisi perut, buang hajat, hingga beribadah salat. Soalnya Basecamp Mawar menyediakan semua fasilitas tersebut, khususnya warung yang buka 24 jam pada akhir pekan dan musim mendaki.

Traveler dikenakan biaya masuk Rp 3.000 per orang untuk menginap di Basecamp Mawar atau pun mendaki Gunung Ungaran. Sementara, tarif untuk per sepeda motor dikenakan Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.

Untuk menuju ke lokasi dapat ditempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Semarang. Nantinya, traveler langsung memasuki kawasan Umbul Sidomukti sebelum tiba di Basecamp Mawar.



4. Gunung Lawu


Ingin kemping di Gunung Lawu tanpa mau capek? Bukan tidak mungkin, Mojosemi Forestpark di Magetan adalah jawabannya. Berlokasi di kaki Gunung Lawu area perkemahan yang satu ini tentu bisa jadi rekomendasi.

Kawasan ini baru resmi dibuka beberapa bulan lalu, masih sangat alami dan bersih tentunya. Ada 2 alternatif menginap di sini, pertama kamu bisa menggunakan tenda dan berkemping ceria atau bisa menyewa satu bungalow lengkap dengan isi dan fasilitasnya.

Kawasan ini baru resmi dibuka beberapa bulan lalu, masih sangat alami dan bersih tentunya. Ada 2 alternatif menginap di sini, pertama kamu bisa menggunakan tenda dan berkemping ceria atau bisa menyewa satu bungalow lengkap dengan isi dan fasilitasnya.

Namun jika kamu ingin camping ground yang benar-benar private dan jauh dari kebisingan pengunjung lain, kamu perlu merogoh kocek Rp 1,1 juta per malamnya. Agar tidak terlalu mahal, patungan dengan teman bisa jadi opsi terbaik.





bottom of page