top of page

Finis Keempat Tak Terlalu Buruk buat Rossi | PT Rifan Financindo


Jakarta, Rifan Financindo - Valentino Rossi mengakui dirinya tak terlalu bagus dalam balapan dengan dua kondisi berbeda. Meski begitu, dia tak terlalu kecewa dengan hasil MotoGP Republik Ceko.


Lomba di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), dimulai dalam kondisi lembap. Para pebalap pun memakai ban basah ketika start. Akan tetapi, tak lama setelah start, lintasan mengering dengan cepat. Para pebalap pun mulai masuk pit untuk mengganti motornya dan memakai ban slick.


Rossi baru masuk pit pada akhir lap kelima. Sementara itu, sejumlah rivalnya telah melakukan hal tersebut lebih awal, seperti Marc Marquez (setelah dua lap), serta Dani Pedrosa dan Maverick Vinales (masuk pit di lap keempat).

Meski terlambat mengganti motornya, pebalap Movistar Yamaha itu perlahan-lahan mampu memperbaiki posisinya. Dari posisi ke-14 di lap keenam, dia akhirnya finis di posisi keempat setelah menyalip Cal Crutchlow di lap terakhir.

Rossi mengakui dirinya sudah salah perhitungan. Tapi, menurutnya beberapa anggota timnya juga salah karena tak memberi sinyal agar dirinya segera masuk pit.

"Saya sangat gembira karena biasanya cuma saya yang bodoh. Kali ini kami ada empat atau lima. Kami berbagi nama 'keledai'. Seperti yang saya bilang, kali ini kami agak kurang beruntung," tutur Rossi di Crash.net.

"Selalu sulit dalam kondisi ini dengan flag-to-flag. Tentu saja ini bukanlah titik kuat saya, balapan semacam ini. Pada akhirnya, hasil balapan tak terlalu buruk. Kami banyak meningkat dari flag-to-flag lainnya. Saya finis keempat. Saya pikir sebelum akhir karier saya kami bisa menaklukkan balapan flag-to-flag ini," tambahnya.


Rossi merasa akan mendapatkan hasil lebih baik jika kondisi lintasan tak berubah di tengah lomba. Akan tetapi, dia tetap mensyukuri tambahan 13 poin sebagai hasil finis keempat.

"Pada akhirnya, hasilnya tak terlalu buruk. Saya pikir dalam balapan full kering atau full basah saya bisa bersaing untuk podium. Tapi, ini tetap akhir pekan yang bagus karena saya bekerja dengan baik. Saya merasa nyaman dengan motor dan saya tangguh di kondisi basah dan kering," kata Rossi.

"Balapan sangat sulit. Saya berusaha sangat keras sejak awal hingga akhir. Ini sangat disayangkan karena kami bisa saja meraih lebih banyak poin dan naik podium. Namun, memang seperti inilah. Mempertimbangkan kondisinya, posisi keempat tak terlalu buruk," katanya.

Dengan hasil ini, Rossi tetap di posisi keempat klasemen pebalap. Akan tetapi, dia kini tertinggal 22 poin di belakang Marquez yang memimpin klasemen.

bottom of page