top of page

Alasan Peserta Aksi 299 'Ngotot' Jalan Kaki Rute Istiqlal-DPR | Rifan Financindo


Jakarta, PT Rifan Financindo - Sejumlah peserta Aksi 299 menceritakan alasan mengapa merka ikut bergabung dalam demo pada hari ini. Salah satunya adalah soal mencegah kembali kebangkitan komunisme.


Muhammad Andri mengatakan dirinya ikut turun ke jalan untuk membela umat Muslim. Dia mengaku telah mengikuti aksi serupa, mulai dari Aksi 411 hingga Aksi 212 pada 2016 lalu.

"Saya ikut terus. Namanya saya punya jemaat. Saya pernah ikut ormas islam juga, FPI (Front Pembela Islam)," kata Andri yang ditemui sebelum salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jumat (29/9).

Andri dan ratusan massa lainnya akan melakukan long march dari Masjid Istiqlal ke Gedung DPR/MPR RI.

Jauhnya jarak yang mencapai 12 kilometer, serta terik panas matahari, tidak mengurungkan niatnya untuk turun ke jalan.

Pria yang bekerja sebagai buruh serabutan dan juga mengajar mengaji di Majelis Ta'lim di kawasan Condet, Jakarta Timur itu akan menunggu arahan selanjutnya dari rekan-rekan sesama peserta aksi.

"Iya lagi nungguin. Insya Allah sih habis Salat Jumat jalan. Kalau enggak jadi, mau enggak mau, kita pulang," kata Andri.

Lebih lanjut, Andri menyebut, ia menentang kembalinya paham komunisme di masyarakat karena bertentangan dengan nilai kesatuan Pancasila. Ia pun mendukung Film G30SPKI tetap diputar karena dianggap bagian dari sejarah.

"Harusnya (Film G30SPKI) ada terus. Biar tahu, ini buat anak bangsa. Jangan sampai terpengaruh (PKI) lah," ujarnya.7

Menolak Perppu Ormas

Sementara itu, Wiryawan, seorang pedagang pakaian di Tanah Abang mengaku ini kali pertamanya bergabung dalam massa yang akan menyampaikannya pendapatnya di muka umum.

Wiryawan memutuskan ikut aksi, sebab ia menentang disahkannya Perppu Ormas yang dinilai membungkam kebebasan berpendapat.

"Kasihan dong ormas-ormas yang punya pemikiran berbeda. Bagaimana mau menyuarakan pendapatnya, kalau takut dijerat Perppu itu?" kata

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, lebih dari seratus peserta Aksi 299 telah berkumpul di Masjid Istiqlal sejak pagi. Hingga jelang salat Jumat, situasi relatif aman dan kondusif. RifanFinancindo



sumber: cnnindonesia



Baca juga:

bottom of page