top of page

Jokowi Resmikan Kereta Bandara Soetta 2 Januari 2018 | PT RFB

Jakarta, Rifan Financindo - Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang dibangun oleh PT Railink dipastikan akan beroperasi pada awal tahun depan atau lebih tepatnya 2 Januari 2018. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditanyakan mengenai jadwal pengoperasian kereta ini.


"Kereta bandara akan dioperasikan resmi oleh Presiden Jokowi pada 2 Januari 2018. Jadi kita serahkan kepada KAI untuk operasionalnya," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Dengan beroperasinya KA Bandara sehari setelah tahun baru, maka jadwal pengoperasiannya pun terhitung mundur satu bulan dari jadwal awal. Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengoperasian sejatinya sudah bisa dilakukan pada tanggal 1 Desember 2017 lalu, namun adanya beberapa hal yang harus dikoordinasikan mengenai jalur yang dilewati membuat jadwal operasi pun harus ditunda.

"Mestinya tanggal 1 itu sudah bisa dioperasikan secara rutin. Komersialnya nanti saat diresmikan oleh pak Presiden Jokowi. Jadi ini semacam simulasi terhadap beberapa rangkaian-rangkaian baik yang di Jakarta maupun Soekarno Hatta dulu supaya matching," katanya kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Sementara Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, pengoperasian KA Bandara menunggu perkerasan jalur baru yang dilewati oleh kereta agar kecepatannya bisa optimal saat beroperasi.

"Nanti kita tunggu waktu dari Presiden. Tapi karena tadi masih ada pembersihan sedikit, lalu pengerasan kestabilan jalur lintasannya, minimal 10 hari dari sekarang baru bisa selesai. Mungkin di atas tanggal 7 Desember," katanya saat menjajal KA Bandara pada akhir November lalu.

PT Railink selaku operator kereta Bandara Soetta sendiri telah menyiapkan 10 trainset kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Jadwal pengoperasian kereta akan tiba setiap 30 menit sekali, mulai dari pukul 3 dini hari hingga jam 11 malam. PT Rifan Financindo



sumber: detik



Baca juga:

bottom of page